Teknik dan panduan
membuat kutipan dengan citation dan daftar pustaka dengan bibliography
Cara Membuat Kutipan dan Sumbernya
1. Pada
References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada
Style.

2. Pilih
gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
3. Klik
pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
4. Pada
References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
5. Klik
Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.
6. Pada
Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan
sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang
dipilih.
7. Ketik
informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di
bagian bawah kotak dialog.
8. Pada
beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk
mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
9. Centang
kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
10. Klik
OK bila sudah selesai.
11. Pada
dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin
membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada
dokumen.
Cara Membuat Daftar Pustaka (Bibliografi)
Sebelum membuat daftar pustaka
(bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal
1).
1. Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat
daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan section break untuk
membuatnya di section yang baru.
2. Pada References tab, in
the Citations & Bibliography group, klik Bibliography.
3. Klik pada Bibliography yang
tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
4. Klik pada daftar pustaka (bibliografi) untuk
memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran font, warna dan
sebagainya).
5. Bila ada perubahan data, klik pada daftar
pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut.
6. Klik Update Citations and Bibliography.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar